Tumbuh Jamur Pada Kuku

0
24

Infeksi jamur dapat menyerang bagian tubuh manapun. Ini karena jamur biasanya ada di dalam dan pada permukaan tubuh, hidup harmonis bersama kumpulan bakteri lainya. Saat jamur mulai tumbuh subur kelewat batas, maka Anda bisa terkena infeksi. Kuku kaki bisa jamuran ketika koloni jamur ini menyerang lapisan bawah kuku atau atasnya. Jamur juga bisa menginfeksi kuku kaki dari dalam melalui sela pembatas kuku dan kulit, retakan pada kuku yang rapuh, atau luka terbuka di sekitar kulit jari kaki Anda.

Infeksi jamur pada kuku kaki paling sering disebabkan oleh koloni jamur yang bernama Onychomycosis atau juga disebut tinea unguium. Namun jenis jamur lainnya bisa menyebabkan infeksi yang sama pada kuku kaki — misalnya saja jamur penyebab mulut jamuran (thrush), dan jamur penyebab kadas, kurap, dan kutu air.

Jamur tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab. Kaki jarang terpapar oleh matahari karena hampir selalu tertutupi sepatu atau kaus kaki sehingga suhu lingkungan di bawah sana akan lebih lembap dari kuku jemari tangan. Oleh karena itu jamur bisa berkembang biak dengan subur di kuku kaki.

Cara lain yang umum untuk tertular infeksi kuku jamur adalah dengan berjalan tanpa alas kaki di daerah yang hangat dan lembab (seperti tepi kolam renang, tanah basah, atau ruang ganti gym), atau kaki yang terus berkeringat sepanjang hari. Kuku kaki juga bisa jamuran ketika Anda tertular dari orang lain yang memiliki kadas atau kurap di kulit tangan mereka. Infeksi kemudian bisa menyebar ke kulit Anda dan bahkan kuku kaki.

Yuk Komentar

Jangan lupa kasih komentar
Masukkan nama kamu