Sering Begadang Tapi Pengen Jerawat Cepat Sembuh? Ehmm.. Sulit!

0
4

14355004_1149897821734968_3422258296372311022_n

Begadang tidak hanya dapat membuat Anda jadi kurang tidur dan menurunkan stamina, tetapi juga dapat memicu munculnya jerawat, bahkan memperburuk jerawat yang sudah ada.

Secara tidak langaung kurang tidur dapat menyebabkan stres, peningkatan proses peradangan, peningkatan resistensi insulin dan depresi.

Stres merupakan faktor penting yang menyebabkan jerawat. Peningkatan stres dapat merangsang kelenjar adrenal yang bertanggungjawab untuk memproduksi androgen. Pengeluaran hormon-hormon dalam tubuh memicu pembentukan jerawat. Stres juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat memperlambat penyembuhan jerawat yang sudah ada.

Tak hanya itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan inflamasi sistemik. Laporan Journal of Clinical Endokrinologi and Metabolism, menyatakan bahwa tidur yang tidak memadai menyebabkan peningkatan sitokin inflamasi. Peningkatan zat di dalam tubuh meningkatkan kecenderungan untuk menghasilkan peradangan. Seperti diketahui, bahwa jerawat adalah peradangan pori-pori di kulit, jelas bahwa peradangan dipicu karena peningkatan jumlah sitokin dalam tubuh.

Selain itu, kurangnya tidur menyebabkan resistensi insulin meningkat. Sehingga memaksa tubuh untuk memproduksi lebih banyak insulin. Hal ini juga menyebabkan produksi sebum (minyak), meningkatkan dan peradangan yang menyebabkan potensi pembentukan jerawat.

Nah itulah kenapa ada beberapa orang yang ketika banyak kerjaan, harus lembur, belajar semalaman krn stress mau ujian, tiba2 wajahnya dipenuhi bintang-bintang jerawat. Sangat menjengkelkan bukan sobat? Itulah sebabnya ketika teman2 hendak fokus mengobati jerawat di DRW Skincare, membiasakan tidur cukup 6-8 jam akan sangat mempengaruhi kecepatan penyembuhan jerawat tmn2 semua.

Salam sehat & Cantik Bersama DRW Skincare