Penyebab Leher Hitam ?

FB_IMG_1535506186516

Penyebab Kehitaman Pada Leher

Banyak wanita memiliki kulit lebih hitam di bagian lehernya. Keadaan leher hitam tentu sangat mengganggu penampilan, karena warnanya tidak merata dengan warna kulit wajah dan sekitarnya. Masalah kulit ini bisa muncul karena disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor dari dalam ataupun faktor dari luar. Nah, berikut ini penyebab leher hitam yang penting untuk diketahui.

1. Genetik

Faktor genetik merupakan salah satu penyebab leher hitam. Acanthosis nigricans adalah keadaan dimana leher hitam sejak lahir. Dimana keadaan ini akan bertambah parah seiring dengan bertambahnya berat badan dan usia. Selain itu, adanya kelainan pada kelenjar endokrin juga dapat menjadi penyebab mengapa kulit leher menjadi hitam. Kelainan endokrin dapat meningkatkan nafsu makan yang berlebih sehingga pada akhirnya akan menyebabkan obesitas dan menghitamnya kulit pada leher.

2. Penyakit Diabetes

Kulit leher yang menghitam lebih sering dialami oleh orang gemuk. Penderita diabetes juga biasanya sering mengalami kulit leher hitam. Noda hitam pada leher ini biasanya berwarna cokelat mirip dengan kain beludru, atau bahkan berwarna hitam seperti daki. Penyakit gula ini dapat menyebabkan kulit mengalami resistensi terhadap insulin, sehingga akan menyebabkan poliferasi, serta warna kulit luar leher menjadi hitam.

3. Penyakit Addison

Gejala yang muncul pada penyakit addison salah satunya yaitu perubahan warna kulit menjadi gelap, termasuk pada bagian leher. Penyakit addison itu sendiri merupakan gangguan yang menimpa kelenjar adrenal yang tidak bisa menghasilkan hormon dalam jumlah yang dibutuhkan. Penyakit addison biasanya sering dialami oleh orang dengan rentang usia 30 sampai 50 tahun. Tidak hanya perubahan warna kulit saja, penyakit ini juga ditandai dengan gejala lainnya seperti menurunnya nafsu makan, mudah lelah, keadaan gula darah rendah, hilang kesadaran, dehidrasi dan pinggang terasa sakit.

4. Penyakit Hypothyroidism

Penyakit hypothyroidism ini merupakan jenis penyakit yang menyerang kelenjar tiroid. Gejala yang ditunjukan akibat penyakit ini yaitu menghitamnya bagian kulit, bahkan kulit pun menjadi kering. Selain itu, gejala lainnya dari penyakit ini yaitu sembelit, mudah lelah, sakit otot, rambut rontok dan menstruasi tidak teratur.

5. Gaya Hidup

Leher hitam juga bisa disebabkan oleh faktor dari luar tubuh. Gaya hidup dapat menjadi salah satu penyebab dari luar mengapa leher hitam. Gaya hidup yang tidak sehat seperti jorok mandi dan malas membersihkan kulit leher dapat menjadikan kulit leher hitam karena terdapat kotoran yang menempel.

6. Matahari

Sinar matahari juga bisa menjadi penyebab kulit leher hitam. Bagian leher yang tidak tertutupi saat berakitivitas di bawah sinar matahari dapat membuat kulit leher hitam dibandingkan dengan bagian kulit yang lainnya.

Untuk anda yang memiliki keluhan tersebut, tidak perlu khawatir karena kami memiliki solusinya. Yaitu menggunakan krim leher DrW Skincare.