Pentingnya Menjaga Keseimbangan pH Kulit Melalui Produk Skin Care yang Digunakan Sehari-hari

0
173

 

Sebelum membahas mengenai pH kulit sehat, yuk kita cari tahu terlebih dahulu mengenai pH! pH atau potential of hydrogen, adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan dari segala hal, termasuk kulit. Kadar pH memiliki besaran pada angka 1-14. Sebuah larutan bersifat netral pada pH 7, jika di bawah 7 berarti bersifat asam dan jika di atas 7 berati bersifat basa. pH kulit tubuh diatur oleh kelenjar sebaceous dan sudoriferous yang berfungsi mengeluarkan sebum untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Pada kulit normal yang memiliki sekresi sebum yang seimbang, pH kulit berada pada angka 5.5. Sedangkan pada kulit berminyak, sifatnya cenderung lebih asam sehingga memiliki pH yang lebih rendah. pH rendah juga dapat menggambarkan ciri kulit acne-prone dan teriritasi.

Setelah mengetahui jenis kulit dan besaran pH kulit, penting juga untuk mengetahui pH skin care agar perawatan kulit dapat bekerja dengan baik. Memilih skin care dengan pH yang sesuai dengan kulit berfungsi untuk melindungi acid mantle, sebuah lapisan pertama kulit yang melindungi kulit dari infeksi, bakteri, air, dan faktor perusak lainnya. Penggunaan skin care dengan pH yang tinggi hanya akan menyebabkan kulit menjadi sangat kering, bahkan bisa juga iritasi. Begitupun sebaliknya, penggunaan skin care dengan pH yang terlalu rendah dapat menghilangkan minyak alami serta merusak lapisan lipid pada kulit.

Kulit normal memiliki kadar pH 5.5, sedangkan kebanyakan sabun dan kosmetik memiliki pH 8-10. Penggunaan sabun dan kosmetik secara rutin tentunya dapat mengubah keseimbangan pH kulit. Oleh karena itu, Anda harus lebih selektif dalam memilih produk skin care. Menjaga keseimbangan pH kulit itu padahal bisa menghindari beberapa masalah lho, seperti eczema, psoriasis, kulit kering, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

 

 

Yuk Komentar

Jangan lupa kasih komentar
Masukkan nama kamu