Musim Penghujan Waspada Demam & Flek Hitam Akibat Gigitan Nyamuk

0
75

Musim Penghujan Waspada Demam & Flek Hitam Akibat Gigitan Nyamuk

Nyamuk atau khususnya jenis aedes aegpyt tak hanya meninggalkan bekas hitam / flek ketika menggigit namun paling parahnya bisa menyebabkan penyakit demam berdarah / dengue fever / dengue hemorrhagic fever.

Hari ini banyak rumah sakit penuh dengan pasien rawat inap karena demam berdarah, jika tidak ditangani dengan serius dan segera kondisi pasien demam berdarah dapat berakibat fatal yaitu berakhir dengan kematian. Itulah kenapa penting untuk mencegah meluasnya kejadian demam berdarah terutama disekitar kita.

Pada kesempatan ini kami tidak mau membahas secara luas tentang demam berdarah namun fokus pada permasalahan kulit yaitu flek / hiperpigmentasi yg ditimbulkan akibat gigitan serangga / nyamuk tersebut.

Yang Terjadi Ketika nyamuk menggigit kita adalah ia akan menyuntikkan semacam senyawa antikoagulan ke dalam kulit untuk membuat darah lebih encer sehingga membuatnya lebih mudah mengalir supaya mudah menghisap darah anda. Sebagai reaksinya kulit akan melepaskan histamin yg menyebabkan reaksi peradangan / menyebabkan benjolan ruam merah yg akhirnya berakhir menjadi flek hitam.

Jika dibiarkan sendiri, bengkak dan kemerahan sering hilang dengan cepat. Namun reflek gatal kadang membuat anda menggaruk atau menggosok gigitan apalagi jika Anda memiliki reaksi alergi sehingga benjolan kecil dapat makin membengkak, akibatnya peradangan makin hebat dan memicu bekas noda hitam di kulit yang sukar dihilangkan.

Oleh karena nya cara terbaik adalah menjaga tubuh/ kulit kita dari gigitan nyamuk dengan melakukan beberapa tipis berikut ini antara lain:

1. Memakai pakaian atau celana panjang ketika tidur supaya tidak mudah digigit nyamuk.
2. Hindari penggunaan aroma2 wewangian yg dapat mengundang hadirnya nyamuk, karena nyamuk sangat menyukai wangi2 an tertentu.
3. Lakukan gerakan 3 M , menutup , menguras dan mengubur segala sesuatu yg bisa menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, gerakan 3M telah diperbaharui. Selain perubahan dalam M yang ketiga, pemerintah juga menambahkan anjuran-anjuran barum

Pencegahan DBD dengan 3M plus bertujuan untuk menghindari gigitan nyamuk dan mencegah nyamuk bersembunyi di rumah.

Berikut ini adalah cara-cara sederhana untuk mengaplikasikan 3M plus:

– Pasang kasa nyamuk di pintu dan jendela, dan gunakan kelambu saat tidur.
– Gunakan semprotan antinyamuk, terutama di kolong meja dan tempat tidur, serta di belakang furnitur.
– Oleskan losion antinyamuk pada kulit ketika berdiam di tempat terbuka.
– Biarkan matahari masuk semaksimal mungkin.
– Bersihkan kaca jendela yang buram agar sinar matahari tidak terhalang.
– Bersihkan secara rutin semua tirai dan karpet yang mengumpulkan debu.
– Ingatlah bahwa nyamuk suka bersembunyi di barang-barang berdebu.
– Jika memiliki kebun, tanam tumbuhan-tumbuhan berbau yang tidak disukai nyamuk, misalnya serai, kemangi, dan lavender.
– Kosongkan rumah dan gudang sebisa mungkin dari barang-barang yang tidak diperlukan untuk menghilangkan tempat-tempat nyamuk bersembunyi dan agar rumah menjadi bebas nyamuk.

Sementara untuk kulit yang sudah terlanjur digigit nyamuk dan mengalami reaksi peradangan atau infeksi sebaiknya konsultasikan pada dokter terdekat untuk mengatasi masalah tersebut. Biasanya dokter akan memberikan salep yang mengandung steroid / hidrokortison utk mengurangi reaksi alergi atau peradanganya.

Jika dirumah anda jg bisa segera mengompres bagian radang tersebut dengan es untuk meminimalisir reaksi radang tersebut sehingga tak semakin meluas.

Bagaimana jika sudah terlanjur timbul bekas hitam / flek? Maka dokter biasanya akan menambhakan salep yang mengandung hidroquinon untuk mengatasi flek hitam tersebut. Kandungan dalam salep tersbut dapat mengikis flek hitam dan meregenerasi kulit baru sehingga diharapkan flek lambat laun menjadi pudar.

Salam sehat cantik
DrW

Yuk Komentar

Jangan lupa kasih komentar
Masukkan nama kamu