Lebih Sehat Mana: Mandi Air Panas Atau Air Dingin?

0
51
 
 
Sebenarnya, baik mandi air panas dan air dingin sama-sama berkhasiat bagi kesehatan Anda. Menurut para ahli kesehatan, tidak ada satu anjuran yang paling benar. Namun, karena khasiatnya yang berbeda, Anda pun bisa menyesuaikan sendiri mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Untuk membantu Anda menentukan pilihan, simak keunggulan dan kelemahan mandi air panas atau air dingin berikut ini.
 
 Manfaat mandi air panas
Jika Anda mandi dengan air panas sesuai anjuran yang telah disebutkan sebelumnya, Anda akan merasakan beberapa manfaat seperti di bawah ini.
 
– Melancarkan peredaran darah
 
Apalagi jika Anda mandi di bawah pancuran dengan tekanan air yang stabil. Berdiri di bawah pancuran selama lima menit bisa semakin memperlancar sirkulasi pada arteri dan pembuluh darah.
 
– Melemaskan otot-otot yang tegang, kaku, dan nyeri.
 
Sambil menikmati mandi air panas, Anda bisa sambil menggerak-gerakkan leher, pundak, pinggang, atau bagian tubuh lain yang sedang terasa kaku. Anda juga boleh sambil memijat ringan tubuh, misalnya pada lengan atau kaki.
 
– Mengurangi stres dan cemas.
 
Sebuah penelitian yang diterbitkan di Inggris pada tahun 2002 menguak bahwa air panas bisa merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini bertanggung jawab untuk membuat Anda merasa lebih senang dan positif.
 
– Mencegah insomnia dan gangguan tidur.
 
Bagi Anda yang sulit tidur karena insomnia atau memiliki gangguan tidur tertentu, silakan mencoba mandi air panas sebelum tidur. Anda pun akan merasa lebih tenang dan tidur lebih berkualitas.
 
 Manfaat mandi air dingin
Membiasakan diri untuk mandi air dingin bisa memberikan banyak manfaat. Berikut adalah khasiat mandi air dingin bagi kesehatan Anda.
 
– Menyegarkan pikiran.
 
Mandi air dingin di pagi hari bisa membuat Anda tetap segar dan terjaga. Suhu air yang dingin bisa memicu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin, yaitu sejenis adrenalin yang akan membantu pikiran Anda tetap waspada secara alami.
 
– Menjaga kesehatan rambut dan kulit.
 
Tak seperti air panas yang membuat kulit kering, air dingin bisa membuat kulit tetap lembap dan kenyal. Rambut Anda juga jadi lebih lembut dan bercahaya alami.
 
– Meningkatkan daya tahan tubuh.
 
Sebuah penelitian dalam European Journal of Applied Physiology and Occupational Physiology membuktikan bahwa suhu yang dingin bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh. Ini karena saat mandi air dingin, tubuh memproduksi berbagai protein yang dibutuhkan oleh sistem imun guna melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.
 
– Meredakan depresi.
 
Bagi penderita depresi, tak ada salahnya mencoba mandi air dingin. Air dingin yang bersentuhan dengan ujung saraf di permukaan kulit akan mengirimkan impuls-impuls elektrik pada otak. Hal ini akan dibaca sebagai sinyal agar otak tetap aktif dan segar. Otak juga akan memproduksi hormon beta-endorfin yang akan membuat Anda merasa lebih baik.

Yuk Komentar

Jangan lupa kasih komentar
Masukkan nama kamu