Kondisi Umum Kulit Manusia & Pentingnya Melakukan Perawatan

0
237

Bicara masalah kulit bukan sekedar bicara masalah penyakit kulit namun juga terakit dengan jenis dan kondisi kulit manusia. Kata “kondisi” berarti – “keadaan sesuatu, terutama yang berkaitan dengan penampilan kulit kita. Ketika kita berbicara tentang kondisi kulit, kita merujuk pada kondisi kulit, yang tidak selalu merupakan penyakit.

Penuaan adalah suatu kondisi, demikian juga kulit yang mengalami kekeringan atau dehidrasi. Namun, biasanya kita bingung dengan jenis kulit yang sebenarnya kita miliki ?. Untuk diketahui bahwa jenis kulit ditentukan oleh genetika seseorang. Sementara untuk kondisi kulit ditentukan oleh banyak hal termasuk kebiasaan atau gaya hidup kita (faktor internal dan eksternal).

Kembali pada tujuan utama perawatan kulit adalah menyeimbangkan / memperbaiki jenis kulit, bukan untuk mengubahnya. Apa yang kita fokuskan adalah perbaikan kulit kita dan melawan kondisi kulit yang tidak baik / tidak sesuai yg diinginkan.

Tidak seperti jenis kulit, kondisi kulit bukan hasil dari genetik kita.

Berikut adalah 6 kondisi kulit paling umum yang sering dialami pasien dan menjadikan fokus kami dalam perawatan kulit:

1. Jerawat

Biasanya dikaitkan dengan pubertas dan kondisi umum untuk remaja, kondisi ini dapat dilihat pada usia 15-25 namun juga bisa diusia lebih dini atau lanjut. Produk perawatan kulit tidak dimaksudkan untuk mengobati secara instan kondisi ini namun lebih kepada untuk bisa mengendalikan jerawat supaya tidak semakin berat. Ada berbagai pilihan yang tersedia untuk mengendalikan jerawat.

Sebagian besar jerawat kecil disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan dan penumpukan sel kulit mati. Namun tingkat keparahan jerawat bervariasi, begitu pula penyebab di baliknya. Sementara berjerawat kecil dapat dikendalikan oleh produk dan praktik perawatan kulit yang tepat, kasus yang lebih parah harus ditangani dokter karena penyebabnya paling sering internal / dari dalam tubuh.

2. Penuaan (misalnya Garis-garis halus dan kerutan)

Penuaan adalah proses biologis yang normal. Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk menghentikannya. Setiap orang pasti akan menua seiring berjalan waktu. Kerusakan akibat sinar matahari diyakini menjadi salah satu penyebab utama di balik penuaan, serta faktor internal dan eksternal lainnya. Namun jika kita merawat kulit dan diri kita sendiri dengan baik, kemungkinan kita dapat menikmati warna kulit yang indah lebih lama dan bertambah usia dengan anggun. Prinsipnya adalah tua itu pasti tapi penuaan bisa ditunda.

3. Hiperpigmentasi (mis. Bintik-bintik hitam karena usia, bintik-bintik karena terbakar matahari)

Hiperpigmentasi disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan. Pemicu di balik bintik hitam paling sering adalah paparan sinar matahari. Perubahan hormon (seperti pada kehamilan) juga dapat menyebabkan kulit mengalami area hiperpigmentasi. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan tabir surya yang sesuai dan metode perlindungan matahari lainnya. Ada juga beberapa perawatan yang sangat efektif yang tersedia, yang membantu mengurangi munculnya bintik hitam namun harus dikonsultasikan kepada dokter.

4. Dehidrasi

Biasanya bingung dengan kulit kering, dehidrasi bukan jenis kulit tetapi kondisi kulit. Kulit dehidrasi kekurangan air, sedangkan kulit kering kekurangan minyak. Dehidrasi dapat disebabkan oleh lingkungan, obat-obatan, produk perawatan oles/ topikal, penuaan dan bahkan minuman yang mengandung kafein atau alkohol.

Sementara jenis kulit kita mungkin sedikit berubah sepanjang hidup kita, kulit berminyak tidak bisa menjadi kering secara tiba-tiba namun terkait pertambahan usia. Mengidentifikasi kulit dehidrasi sangat penting. Pemenuhan kebutuhan cairan yg cukup setiap hari diperlukan utk memperbaiki kondisi ini.

Mengatasi kondisi ini dengan produk yang dirancang untuk jenis kulit kering dapat membantu, namun jika tidak tepat dan hati2 justry sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan di kulit Anda. Pentingnya berkonsultasi pada dokter untuk dapat mengatasinya dengan baik.

5. Kemerahan / sensitif

Eritema – kemerahan yang disebabkan oleh peradangan, dapat disebabkan berbagai alasan penyebab. Ini mungkin karena kondisi seperti Eksim, atau Rosacea, atau karena reaksi terhadap produk atau perawatan topikal yang tidak sesuai atau terlalu keras, dan paparan sinar matahari juga turut andil menjadi penyebab kemerahan dikulit . Kemerahan dapat disebabkan oleh sensitivitas terhadap faktor internal dan eksternal. Dalam setiap kasus kemerahan mungkin memerlukan perawatan yang berbeda.

6. Kebiasaan, diet, dan stres semua berperan dalam kesehatan kita, yang pada gilirannya tercermin dalam penampilan kulit kita. Kondisi kulit dapat disebabkan oleh alergi, genetika, obat-obatan, kondisi medis, dan banyak faktor eksternal dan internal lainnya.

Saat membeli produk perawatan kulit atau menerima perawatan kulit, kami fokus merawat kondisi kulit tertentu, bukan jenis kulit. Menyadari kondisi kulit yang umum dan mengidentifikasi penyebab di baliknya akan membantu Anda membuat pilihan yang lebih bijak dalam hal perawatan kulit dan kesehatan manusia secara umum.

Beredarnya produk kosmetik dipasaran mungkin memberikan solusi, namun juga tanpa edukasi dan pemeriksan yang benar justru malah dapat menjadi Boomerang bagi konsumen. Banyak kasus kulit menjadi semakin buruk/berat akibat pemakaian produk yang tidak tepat guna. Itulah sebabnya penjual juga diharapkan tidak sekedar menjual namun juga harusnya dibekali ilmu/pengetahuan khusus terakit kondisi kulit dari konsumen supaya dapat memberikan solusi terbaik.

Salam sehat & cantik
Dr. Wahyu Triasmara
DrW Skincare

Yuk Komentar

Jangan lupa kasih komentar
Masukkan nama kamu