Kondisi Kulit yang Kita Anggap Jerawat … Padahal Bukan !!!

0
120
Kita biasanya berpikir kalau bintik-bintik merah pada wajah adalah jerawat. Padahal bisa saja bukan, lho. Karena tak semua yang berbintik merah itu jerawat. Masih banyak kondisi kulit lainnya yang tampak dari luar seperti jerawat, tapi kalau diperhatikan lagi ternyata bukan. Berikut ondisi kulit yang sering kita anggap jerawat ..Simak ya Skinners ..
 
1. Rosacea merupakan benjolan merah yang menyerupai jerawat dan umumnya muncul di pipi
Rosacea adalah gangguan inflamasi kronis yang sering kita sebut sebagai jerawat. Rosacea ini terbagi ke dalam beberapa jenis, tapi yang paling sering dijumpai hanya dua. Pertama, kemerahan dan kelimpahan pembuluh yang terlihat di pipi. Kedua, benjolan seperti jerawat yang ada di pertengahan wajah. Bedanya, rosacea ini muncul akibat konsumsi makanan yang mengandung histamin, pedas, kafein, dan alkohol. Cara perawatannya bisa melalui pola makan dan gaya hidup yang diubah, serta gunakan produk perawatan wajah yang nggak menyebabkan iritasi.
 
2. Kalau muncul jerawat kecil berwarna merah, disertai nanah, dan rasanya gatal/sakit belum tentu jerawat, bisa saja itu sebenarnya folliculitis
Folliculitis sering muncul saat udara lagi panas-panasnya. Folliculitis adalah masalah kulit berupa peradangan yang terjadi pada folikel rambut dan ditandai munculnya jerawat kecil kemerahan. Kadang, folliculitis ini hadir dengan nanah (menyerupai whiteheads) dan bagian tersebut pun bisa terasa gatal atau sakit. Bahkan, dalam kasus yang lebih parah folliculitis ini bisa menjadi luka berkerak.
 
3. Ada juga keratosis pilaris yang merupakan kondisi kulit kronis dan ditandai dengan benjolan kasar (merah, putih, atau berwarna sesuai kulit)
Kondisi kulit yang mirip jerawat banyak jenisnya, salah satunya yaitu benjolan kasar yang sering ada di lengan atas dan kaki dan disebut keratosis pilaris. Benjolan kasar yang berukuran kecil ini disebabkan oleh jumlah keratin yang tidak normal yang menghalangi folikel rambut. Keratosis pilaris menang nggak berbahaya, namun bisa membuat bagian tersebut terasa gatal dan kering. Untuk mengurangi gejala itu, kita dapat pakai pelembap yang mengandung asam salisilat dan asam laktat. Hal ini karena bisa berfungsi mengangkat sel kulit mati dan mencegah folikel tersumbat.
 
4. Ruam wajah yang ada di sekitar mulut biasa disebut perioral dermatitis. Bisa muncul gara-gara pasta gigi
Kadang, ruam wajah di sekitar mulut bikin kita nggak pede buat foto. Awalnya kita mengira jerawat, padahal itu merupakan perioral dermatitis. Penyebabnya yaitu penggunaan topical streroid, tapi nggak jarang juga karena kandungan fluoridasi dalam pasta gigi. Perawatan yang dianjurkan yaitu menghentikan semua produk yang ada topical steroid topical, krim wajah berat, dan pasta gigi berfluorinasi. Sebagai gantinya, kita bisa gunakan pembersih ringan yang nggak bikin iritasi.
 
Semoga bermanfaat Skinners !!