JENIS – JENIS FLEK HITAM PADA WAJAH

0
77
 
Flek di wajah memang sangat menggangu, khususnya bagi wanita karir yang harus selalu berhadapan dengan banyak orang. Namun tahukah pembaca jika flek di wajah juga memiliki beberapa jenis? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut uraiannya!
 
Jenis flek melasma
 
Kondisi ini dapat terjadi akibat makula hiperpigmentasi simetris, yang biasanya berwujud belang-belang pada kulit. Melasma biasanya muncul pada bibir atas, pipi, dahi, atau dagu. Namun melasma terkadang juga bisa terjadi pada area wajah lainnya yang terkena paparan sinar matahari.
 
Melasma umumnya berbentuk simetris. Misalnya jika seseorang mempunyai melasma pada satu bagian pipi, maka hampir dipastikan pada sisi lain juga akan terkena. Sementara itu area wajah yang terkena melasma dengan yang tidak, akan terlihat jelas perbedaannya.
 
Jenis flek chloasma
 
Chloasma sebenarnya hampir sama dengan melasma, bedanya istilah ini lebih ditujukan untuk wanita yang sedang menjalani masa kehamilan. Flek pada wajah dalam kategori chloasma, umumnya terkait dengan perubahan hormon saat kehamilan atau pemakaian pil kontrasepsi.
 
Jenis flek bintik-bintik pada wajah
 
Flek hitam pada wajah juga bisa berupa bintik-bintik. Jenis flek ini berupa bercak kecil kuning gelap atau kecoklatan, yang dapat muncul berkelompok atau sendiri di suatu bagian. Kondisi ini umumnya berasal karena faktor genetika.
 
Jenis flek lentigo surya
 
Dari istilahnya dapat diketahui jika faktor penyebab utama jenis flek ini adalah sinar matahari. Flek ini juga dikenal dengan istilah bercak matahari atau bercak penuaan dini. Jumlah lentigo akan mengalami peningkatan dengan pertambahan usia seseorang, akibat akumulasi sinar matahari selama beraktivitas.
 
Jenis flek berbeda, namun inti masalahnya sama
 
Meskipun terdapat perbedaan jenis, namun semuanya memiliki kesamaan terkait problem kulit. Faktor utama penyebab flek tersebut adalah paparan sinar matahari. Faktor lainnya yang ikut mempengaruhi adalah perubahan hormon saat kehamilan, genetik, hingga gaya hidup tak sehat.
 
Penanganan terhadap jenis-jenis flek di atas, secara garis besar juga sama. Biasanya dokter spesialis akan memberikan krim penghilang flek dengan tambahan sunblok. Khusus untuk penderita melasma, akan ada krim khusus yang berbeda dengan penghilang flek biasa.
 
Cara mencegah berbagai jenis flek di wajah
 
Kulit seseorang memiliki sensitifitas yang berbeda-beda. Terlebih jika sedang menjalani masa kehamilan, maka perubahan hormon dapat ikut mempengaruhi terjadinya flek. Paparan sinar matahari yang menjadi penyebab utama, bisa menyebabkan kulit seperti mendapatkan sensai terbakar.
 
Dengan demikian dianjurkan bagi seseorang yang sering beraktivitas di luar ruangan untuk menyiapkan berbagai peralatan yang digunakan untuk melindungi kulit. Misalnya saja payung, topi, helm, masker, hingga krim tabir surya.
 
Lantas bagaimana jika di dalam rumah?
 
Beberapa ahli kecantikan menyarankan jika sebenarnya sunblok juga baik untuk dipakai meskipun hanya berada di rumah. Pasalnya cahaya matahari yang dapat menembus kaca atau radiasi dari pembakaran kompor di dapur, bisa juga menyebabkan iritasi pada kulit.

Yuk Komentar

Jangan lupa kasih komentar
Masukkan nama kamu