Berjerawat Tidak Boleh Makan Pedas ?

0
199

 

Mengapa makanan pedas menyebabkan jerawat? Simak ulasan ini sampai habis untuk ketahui jawabannya!

Nikmatnya rasa pedas seringkali membuat seseorang kecanduan. Tak hanya menjadi lahap pada selera makan, rasa pedas yang menantang juga menimbulkan sensasi tersendiri bagi para penikmatnya. Namun, siapa sangka bahwa makanan pedas menyebabkan jerawat!

Ya, makanan pedas menyimpan ancaman bagi kesehatan kulit. Bukan sekedar teori, ahli dermatologis telah menyebutkan bahwa makanan pedas yang kaya akan lemak ini sangat berpotensi membuat kulit menjadi rentan berjerawat. Mau tahu bagaimana urutan logisnya? Simak ulasannya pada artikel ini, ya!

1. Makanan Pedas Membuat Sirkulasi Darah Meningkat

Tubuh dengan sirkulasi darah yang lebih cepat akan mudah berkeringat. Akibatnya, suhu tubuh menjadi panas dan mengeluarkan keringat yang deras. Bahkan, pada beberapa orang, sirkulasi darah yang meningkat dapat membuat tubuh terlihat seperti memerah.

2. Cabai Akan Mentransfer Minyak Alami ke Dalam Kulit

Pada dasarnya, cabai mengandung minyak alami pada buahnya. Jika kita mengkonsumsi cabai, maka minyak alami tersebut akan ditransfer ke dalam kulit dan mengendap pada kelenjar minyak.

Kulit akan memproduksi minyak secara alami, dan akan menjadi lebih banyak jika asupan minyak bertambah karena mengkonsumsi cabai atau makanan berlemak lainnya. Inilah yang kemudian menyebabkan kulit menjadi berminyak dan rentan berjerawat. Tak heran, apabila kebanyakan pecinta pedas memiliki jenis kulit yang berminyak.

3. Saat Makan Pedas, Pori-Pori Wajah Terbuka Lebar

Pori-pori wajah terbuka lebar saat kondisi tubuhmu berkeringat dan berminyak. Pada akhirnya, keringat dan minyak akan keluar secara bersamaan melalui pori-pori kulit. Sayangnya, tak semua bagian keringat dan minyak bisa keluar seutuhnya. Ada sisa-sisa keringat dan minyak yang justru mengendap dan menyumbat pori-porimu. Ya, pori-pori tersumbat inilah yang menjadi cikal bakal munculnya jerawat.

4. Pori-Pori Besar Juga Mempermudah Kotoran Masuk ke Kulit

Saat pori-pori wajah terbuka lebar, hal ini juga memungkinkan kotoran seperti debu atau udara kotor masuk ke dalam kulitmu dengan mudahnya. Kotoran-kotoran ini dapat masuk dan mengendap ke dalam kulit sehingga menyebabkan banyak sel kulit mati yang susah diangkat. Akibatnya, kulit menjadi kusam dan rentan berjerawat.

Selain itu, kotoran juga dapat menyumbat pori-pori yang bisa menjadi penyebab jerawat meradang, lho.

5. Untuk Mengantisipasi, Seimbangkan Makanan Pedas dengan Air Putih

Mengkonsumsi air putih yang cukup setelah makan pedas, dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Selain sebagai penawar pedas, air putih akan menetralisir kondisi kulit menjadi lebih lembab dan terjaga.

Tapi, menetralkan produksi minyak pada kulit tak hanya butuh 1-2 gelas air putih, lho. Kamu harus mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sehingga minyak pada kulit benar-benar meluruh dan tidak menyebabkan kulit wajahmu berminyak dalam jangka panjang.

6. Jangan Lupa, Segera Bersihkan Wajah dengan Tissue atau Kapas

Saat mengkonsumsi pedas, sebaiknya kamu selalu siap sedia tissue ataupun kapas. Usahakan, bersihkan keringat dan minyak pada wajah sesegera mungkin saat makan makanan pedas. Hal ini akan mencegah terbukanya pori-pori yang semakin melebar sehingga kehadiran jerawat lebih mudah diminimalisir sejak awal.

7. Minum Larutan Penyegar Jika Perlu

Ada baiknya juga, kamu mengkonsumsi larutan penyegar setelah mengkonsumsi makanan pedas. Selain dapat mencegah timbulnya panas dalam di tenggorokkan, larutan penyegar juga dapat menetralkan suhu panas di dalam tubuh.

Lebih baik lagi, jika mengkonsumsi larutan penyegar dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C akan berperan untuk membentuk kolagen pada kulit, sehingga pertumbuhan jerawat baru dapat dicegah seawal mungkin. Vitamin C juga berperan untuk mencegah peradangan pada kulit, lho.

8. Makan Pedas Tetap Diperbolehkan, Asalkan dalam Jumlah yang Seimbang

Siapa sangka, cabai juga mengandung vitamin C yang dapat bermanfaat untuk kebugaran tubuh serta pereduksi tingkat depresi dalam diri. Namun, kamu juga perlu memperhatikan jumlah makanan pedas yang kamu konsumsi setiap hari.

Terlalu banyak mengkonsumsi pedas juga akan membuat pencernaanmu bermasalah. Tak semua tubuh dapat menerima asupan pedas yang terlalu banyak. Ya, kamu tetap boleh mengkonsumsi makanan pedas, asalkan dalam jumlah yang seimbang dan tidak berlebihan.

9. Untuk Penanganan Rutin, Kompres Wajah dengan Es Batu

Suhu dingin dari es batu dapat mengecilkan pori-pori wajah. Dengan begitu, wajah akan terasa lebih lembab dan minyak berlebih dapat teratasi. Langkah ini bisa kamu gunakan setiap malam sebelum tidur untuk hasil yang terbaik.

10. Seimbangkan dengan Konsumsi Buah dan Sayur

Untuk menyeimbangkan kondisi kulit menjadi lebih baik, konsumsilah buah dan sayur yang segar dalam jumlah yang cukup. Asupan vitamin dari buah dan sayur dapat membuat kulit menjadi lebih lembab dan segar. Dengan begitu, produksi minyak alami di dalam kulit dapat lebih terkontrol.

Jika masalah minyak berlebih dalam kulit dapat dihindari, maka jerawat juga akan lebih mudah teratasi. Untuk memaksimalkannya, kamu bisa menggunakan produk Drw Skincare Acne Series dalam mewujudkan kulit yang bersih, lembab dan cerah natural. Karena setiap wanita itu cantik, termasuk kamu. Buktikan sekarang!

Yuk Komentar

Jangan lupa kasih komentar
Masukkan nama kamu