Bahaya Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

0
136
 
Selain digunakan sebagai bahan bumbu masakan, bawang putih juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis jerawat. Hal ini disebabkan karena dalam kandungan bawang putih terdapat minyak atsiri yang memang dapat membantu menyembuhkan jerawat. Namun bukan hanya minyak atsiri, dalam bawang putih juga terdapat berbagai macam senyawa lain yang justru dapat merugikan kulit. meski begitu, ada banyak anggapan bawang putih termasuk salah satu cara menghindari jerawat.Bawang putih merupakan cara menghilangkan jerawat secara tradisional.
 
 
Selain digunakan untuk masalah jerawat, bawang putih juga dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan herbal. Manfaat lain adalah kemampuannya dalam menghilangkan berbagai masalah di wajah, baik itu berupa jerawat maupun tahi lalat. Dibalik manfaatnya, bawang putih ternyata menyimpan sejumlah bahaya apabila digunakan. Pada beberapa orang, bawang putih justru menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah.
 
Bahaya bawang putih untuk jerawat 
 
Rasa bawang putih yang panas dapat menimbulkan berbagai efek samping terhadap kesehatan kulit. Efek samping seperti ini jusru akan menimbulkan dampak psikologis akibat jerawat yang tidak sembuh dan malah semakin parah. Sebenarnya, bawang putih termasuk jenis makanan penghilang jerawat. Namun pemakainnya di wajah sebagai masker alami untuk wajah berjerawat tidak dibenarkan dalam kondisi apapun. Di bawah ini adalah beberapa bahaya yang muncul akibat bawang putih untuk jerawat.
 
1. Memicu jerawat menjadi gatal
Efek samping dari penggunaan bawang putih untuk jerawat adalah rasa gatal pada kulit wajah. Rasa gatal bisa jadi disebabkan oleh sensasi panas yang dihasilkan bawang putih. Maka jangan heran, bawang putih merupakan salah satu penyebab jerawat gatal dan cara mengatasinya bisa menggunakan cream tertentu. Cream obat penghilang jerawat yang ada di apotek cukup bisa meredakan kondisi ini. Jika merasa tidak nyaman dengan menggunakan cream, pengobatan menggunakan antibiotic dapat dicoba. Namun tentu saja ada resiko dan bahaya antibiotik jerawat yang dapat timbul sewaktu-waktu.
 
2. Meninggalkan flek hitam
Bisa dibilang bawang putih merupakan obat oral bukan termasuk obat topical. Obat oran penggunaannya biasa dengan diminum, dan sebaliknya. Penggunaan obat oral dengan cara topical pastinya menyebabkan bahaya tertentu. Dalam hal ini bawang putih biasanya akan membuat jerawat menghitam dan meninggalkan flek hitam pada bekas jerawat. Cara menghilangkan jerawat hitam di wajah sedikit rumit karena biasanya sudah mengering. Jika flek hitam muncul karena bawang putih, cara mencegah flek hitam wajah secara alami adalah dengan menghentikan pemakaian.
 
3. Menyebabkan iritasi dan perih
Sifat panas dari bawang putih bisa jadi akan menyebabkan iritasi jika kondisi jerawat sudah terbuka. Selain itu, rasa perih juga akan mengikuti dengan kondisi yang sama. Untuk menghilangkan iritasi dan rasa perih yang terjadi, gunakan masker alami untuk wajah berjerawat serta pembersih wajah alami dan cara menggunakannya juga cukup mudah. Timun merupakan masker untuk kulit berjerawat dan cara membuatnya tinggal diiris tipis. Manfaat timun bagi jerawat dapat memberikan efek menyegarkan dan mengurangi rasa perih yang terjadi.
 
4. Melepuhkan kulit jerawat
Secara normal, semua bagian tubuh manusia dalam kondisi panas, termasuk jerawat. Rasa bawang putih yang panas dipadukan dengan kondisi jerawat yang panas akan mengakibatkan kulit jerawat yang melepuh. Kondisi seperti ini juga berkaitan dengan tingkat sensitifitas kulit manusia. Dalam menghadapi persoalan seperti ini, penggunaan antibiotik sangat diperlukan. Tentunya juga harus dengan ijin petugas medis terkait. Disamping memberikan manfaat, antibiotik juga memiliki efek buruk. Resiko dan bahaya antibiotik jerawat juga bisa terjadi sewaktu-waktu.
 
5. Menimbulkan peradangan
Selain melepuhkan kulit, rasa panas juga akan menimbulkan peradangan ditandai dengan jerawat dan kulit yang kemerahan. Tidak perlu kuatir, ada beberapa langkah cara mengatasi jerawat meradang. Peradangan jerawat umumnya juga ditandai dengan pembengkakan pada jerawat tersebut. Jika tidak segera diobati, peradangan dan pembengkakan akan menyebabkan rasa nyeri. Cara mengurangi pembengkakan jerawat sangat mudah dilakukan dengan bahan herbal, lidah buaya adalah salah satu contohnya. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya bisa dengan langsung mengoleskan ke bagian jerawat tersebut.
 
6. Menghasilkan sensasi panas
Rasa panas yang dihasilkan bawang putih bahkan menyerupai seperti terbakar. Rasa panas dalam keadaan tertentu juga dapat memicu rasa nyeri pada jerawat tersebut, seperti berdenyut. Untuk mengantisipasi hal ini, gunakan bahan herbal terlebih dahulu seperti lidah buaya atau timun. Kedua bahan tradisional ini mempunyai efek meredakan panas dan dapat dibuat masker alami untuk wajah berjerawat. Manfaat lidah buaya untuk jerawat atau cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya juga sangat mudah.

Yuk Komentar

Jangan lupa kasih komentar
Masukkan nama kamu