Akibat Pakai Banyak Produk untuk Membasmi Jerawat

0
153
 
Merawat kulit berjerawat butuh kesabaran, tapi ada kalanya kita ingin jerawat benar-benar hilang dalam waktu singkat. Berbagai produk perawatan untuk jerawat pun dibeli dan dipakai, dengan harapan kulit bisa cepat jadi mulus.
 
Namun memakai beberapa produk jerawat sekaligus ternyata bisa berakibat buruk bagi kulit. Mulai dari jerawat yang bertambah parah hingga warna kulit yang menggelap.
 
Sebagian besar pengobatan jerawat membuat kulit kering. Jadi kalau kamu memakai berbagai bahan yang mengeringkan kulit, kulit kamu bisa merah-merah atau mengalami peradangan.
 
Dermatitis atau peradangan kulit bisa terjadi karena berbagai hal. Misalnya saja akibat penggunaan beberapa produk yang sifatnya mengurangi sebum sekaligus. Mulai dari sabun wajah, toner, hingga obat totol jerawat.
 
Ketika kulit wajah ‘dihantam’ produk-produk yang membuatnya lebih kering, maka kulit berpotensi iritasi dan bukan tidak mungkin jerawat justru bertambah parah.
 
Memakai produk pembasmi jerawat secara berlebihan juga bisa membuat kulit mengalami hiperpigmentasi. Hal ini biasanya terjadi pada kulit sawo matang atau gelap.
 
 
Misalnya saja jika kamu sudah memakai pembersih yang mengandung bahan pembasmi bakteri seperti benzoyl peroxide atau salicylic acid, lalu mengoleskan jerawat dengan krim, pelembap atau salep dengan bahan yang sama, risiko iritasi akan lebih tinggi. Maka dari itu pilih pembersih wajah berformula lembut jika kamu akan menggunakan krim atau pelembap untuk mengeringkan jerawat.

Yuk Komentar

Jangan lupa kasih komentar
Masukkan nama kamu